f Pena: OREGANO

Seorang teman pada saya mengatakan, per kosa kata...per budak pena.

Kamis, 20 Juni 2013

OREGANO

Oregano (Origanum vulgare)


OREGANO adalah herba yang mendominasi rasa dari ciri khas makanan Italia termasuk juga makanan mediterania. Oregano adalah komponen rempah yang membuat cita rasa roti khas itali dengan beragam topping yang kita kenal dengan nama "pizza"ini  begitu istimewa. Dalam pembuatan Pizza, rempah ini wajib adanya, jika tidak pizza yg tersohor itu takkan berasa khas selain rasa keju yg lengket dan sama sekali bukan merupakan cita rasa italia.
Melihat sekelumit asal muasal dan kandungan gizi dari herba ini, siapa tahu pecinta Italian Food akan semakin banyak sehingga Pizza bisa menjadi makanan yg bukan lagi milik kalangan menengah-atas namun semakin merakyat.

Asal Oregano.

Beberapa jenis oregano berasal dari Mediterania, dan kesemuanya diperdagangkan sebagai rempah-rempah. jenis tanah dan musim sangat memengaruhi kandungan minyak esensial pada oregano ini, dan itu juga tergantung varietasnya.

Varietas penting dari oregano antara lain adalah origanum vulgare (terdapat di Eropa), origanum onites (terdapat di Yunani, Asia kecil) dan juga origanum heracleoticum ( Italia, Negara Balkan juga Asia Barat).

Bagian yang digunakan dari oregano.

Daun dari Oregano yg dikeringkan
lebih beraroma dan berasa tajam ketimbang dari daun yang masih segar.
Beraroma tajam, hangat dan sedikit pahit. Oregano mempunyai banyak variasi dalam intensitas aroma serta rasa: oregano yang berkualitas baik dapat membuat lidah menjadi pedar, mati rasa, tetapi para pemanen merasa ini sesuai dengan iklim daerah mediteranian yang lebih dingin.
Kandungan Gizi Oregano.
Kandungan Minyak maksimal 4%, juga mengandung beberapa kandungan dari 2 jenis phenolscarvacrol dan juga thymol, lebih lanjut lagi, beberapa jenis monoterpene hidrokarbon (limonene, terpinene, ocimene, caryophyllene, ß-bisabolene and p-cymene) dan monoterpene alcohol (linalool, 4-terpineol) dilaporkan juga terkandung dalam oregano.
Kegunaan
Oregano merupakan ciri khas dalam makanan Italia, yang digunakan untuk membuat saus tomat, tumisan sayur dan juga daging panggang. Bersama-sama dengan basil, oregano menjadi ciri khas utama dari aneka kuliner Italia.
Jenis makanan yang selalu diasosiasikan dengan oregano adalah Pizza, sejenis roti dengan bermacam-macam topping diatasnya. roti sejenis ini telah menjadi makanan lokal di Italia Selatan sejak lebih dari seabad yang lalu. Berdasarkan legenda, pizza mulai ada sejak 1889, ketika Raja Umberto dan istrinya Ratu Margherita berkunjung ke Napoli. pizza kala itu tak lebih dari sekedar roti pipih yang dilapisi dengan saus atau pasta tomat yang sangat popouler di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Untuk menghormati kunjungan ratu, para tukang roti lokal berimprovisasi dengan menciptakan pizza yang lebih kaya rasa tidak hanya sekedar dilapisi dengan pasta tomat merah, mereka juga menambahkan kejumozzarella putih dan dengan daun basil segar hijau yang telah dicincang kasar, padanan ini melambangkan bendera Italia. Pizza zaman sekarang, lebih dominan pada rasa taburan oreganonya ketimbang basil dan juga menggunakan bahan-bahan atau rempah yang lebih variatif.

Oregano juga bisa dikombinasikan dengan buah zaitun fermentasi dan juga dengan daun lovage ketimbang herba Italia lainnya. Oregano bisa mengharmonisasikan makanan panas dan juga pedas, sebagaimana kuliner yang populer di Italia Selatan. Makanan dari negara-negara mediterania lain agak jarang menggunakan rempah ini jika dibandingkan dengan makanan Italia, tapi pada beberapa negara oregano menjadi rempah yang cukup penting keberadaannya pada makanan, seperti Spanyol, Perancis dan juga Yunani.

Di luar wilayah mediterania, oregano secara mengejutkan, juga ternyata sangat sedikit digunakan kecuali oleh imigran-imigran dari Italia. Oregano, juga dikenal pada masakan Meksiko dan dikenal dengan nama oregano Meksiko. Oregano Meksiko tidak hanya terkenal di Meksiko tapi juga hingga ke negri seberang, Amerika Serikat. Orang Amerika sering menggunakan oregano Meksiko untuk membuat chili con carne (sejenis daging rebus dengan cabe dan kadang juga dengan kacang-kacangan) dan juga aneka makanan Hispanik lainnya. Biasanya, oregano juga dikombinasikan dengan beberapa jenis cabe lokal dan paprika, bawang putih yg sudah dikeringkan dan juga kunyit.

(dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. apa bedanya oregano dan origami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas beda. Origami itu seni melipat kertas yang terkenal dari Jepang. Oregano ad/ bumbu terkenal dari Italia.

      Hapus