f Pena: Apa Saja Bentuk Postingan Medsos KKP?

Seorang teman pada saya mengatakan, per kosa kata...per budak pena.

Kamis, 07 Desember 2017

Apa Saja Bentuk Postingan Medsos KKP?

Isi tulisan ini didominasi oleh screenshoot postingan yang pernah saya posting ketika itu. Tujuannya agar pembaca lebih memahami, dibanding saya mendeskripsikan hal yang saya maksud ke dalam kalimat yang lebih panjang lebar saja.

Selama menjadi admin media sosial salah satu kementerian, ada beberapa media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan terutama Twitter. Dimana setiap media sosial mempunyai gaya postingan tersendiri sesuai dengan fitur yang disediakan oleh masing-masing developer tersebut. Berikut detailnya:

Twitter (Twtr)

1. Kultwit adalah twit bersambung yang mengangkat satu pembahasan tertentu. Biasanya sumber kultwit dari pemberitaan dan livetwit pada konpers atau event tertentu.

2. Livetwit. Tweet yang dibuat saat acara kegiatan atau event sedang
berlangsung.



3. Foto Kegiatan. Ada banyak kegiatan kementerian yang perlu disosialisasikan ke masyarakat agar kinerja tersebut bisa memberi manfaat sesuai sasaran dan bisa turut dikawal para stakeholder ataupun pengamat perikanan dan kelautan. 

4. Infografis. Postingan infografis juga akan diposting di Instagram, dimana keterangan infografisnya bisa lebih panjang dibanding di Twitter yang hanya terbatas 140 karakter saja.



5. Live Video. Ada aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk live streaming video jika kecepatan internet memungkinkan, yaitu periscope.

6. Video produksi tim doklip

7. Link berita. Berikut contoh link berita [KKPNews] dan link berita dari media terkenal lainnya:



8. Meme. Ibu Menteri kita yang popular memiliki banyak penggemar hingga punya banyak meme. Postingan berikut pernah diposting oleh Twitter KKP RI saat malam Minggu, beberapa bulan lalu.
9. Momen. Melihat begitu populernya  chirpstory dan aplikasi sekunder sejenis, membuat saya berharap bahwa Twitter akan membuat fitur serupa suatu hari. Dan akhirnya yang saya tunggu terjadi, Twitter merilis fitur baru tersebut. Berikut adalah contoh momen yang pernah diposting oleh akun @kkpgoid



10. Survei. Adalah fitur yang baru dirilis Twitter untuk membiarkan penggunanya membuat postingan yang isinya membiarkan follower memberi tanggapan sesuai dengan opsi yang disediakan. Ketika menjadi admin, pilihan untuk membuat postingan survei sudah pernah saya suarakan beberapa kali, hanya saja, belum di-ACC karena ketika itu masih dianggap tidak penting. Padahal menurut saya, survei ini bisa menjadi wadah interaksi dengan follower hingga mengetahui pendapat mereka terhadap sesuatu tergantung konten survei.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca. Selain tulisan ini, ada beberapa tulisan terkait media sosial lain yang bisa dibaca:
  • Apa Sih Bermedia Sosial Sehat Itu?
  • Cara Posting Foto dan Video di Twitter dan Instagram
  • Sumber Bahan Postingan Medsos
  • Akun Medsos Unit Kerja KKP RI
  • Definisi Gaya Medsos KKP
  • Engine dan Aplikasi Tambahan untuk Postingan Medsos
  • Interaksi Followers dengan Akun Medsos KKP RI
  • Koordinasi Postingan di Medsos
  • Pemetaan Akun Medsos di Sekeliling KKP RI
  • Penjadwalan Postingan Medsos KKP
  • Verifikasi Akun Medsos KKP RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar