f Pena: Contoh Step Menggunakan Aplikasi LayAR

Seorang teman pada saya mengatakan, per kosa kata...per budak pena.

Jumat, 05 September 2014

Contoh Step Menggunakan Aplikasi LayAR

Pada artikel sebelumnya (Menggunakan Aplikasi LayAR), saya telah menjelaskan step by step agar Anda bisa mulai menikmati aplikasi ini di ponsel Anda.

Nah, berikut saya jelaskan secara langsung bagaimana menggunakan aplikasi ini (disertai contoh foto yang bisa berubah menjadi video).

Saya mengambil contoh dari berita yang
diterbitkan oleh Kaltim Post pada 4 September 2014, halaman 27. Berita selengkapnya bisa dilihat di epaper Kaltim Post tersebut (halaman 27).

Sebagai informasi tambahan, berita ini adalah sebuah pertemuan yang disebut Forum Kota untuk membahas terkait PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di Kota Balikpapan. Masalah ini sudah lama dan berlarut-larut terjadi, seolah ada pembiaran. Puncaknya, yakni pada PPDB tahun ini.

Di mana yang oleh sebagian pihak, posisi anggota dewan dinilai sudah terlalu jauh turut serta mencampuri urusan teknis Pemerintah Kota. Pro dan Kontra kian muncul. Terlepas dari fakta bahwa DPRD adalah wakil rakyat yang memperjuangkan rakyat, disinyalir juga ada motif politik di baliknya. Di antara yang dianggap paling parah adalah keberadaan mafia PPDB.

Oh ya, untuk mengetahui berita ini, silakan baca koran atau search sendiri di Google yaaa...

Kembali. Pada halaman tersebut ada sebuah foto "opening" dengan keterangan logo LayAR di bawahnya. Hal ini berarti, para pemilik gadget yang telah diinstal dengan aplikasi LayAR dapat menikmati tayangan "plus-plus" atau tayangan AR. Tampilan "plus-plus" ini diharapkan bisa membuat pembaca lebih menikmati isi berita terlepas dari kungkungan keterbatasan space di laman koran.

Berikut foto "opening" pada laman media tersebut:


Jika Anda telah melakukan step seperti pada artikel saya yang sebelumnya, maka Anda tentu sudah bisa men-scan gambar di atas.

Setelah melakukan scan, maka tampilan "plus-plus" yang selanjutnya akan muncul adalah tampilan video (audio-visual) sebagai berikut:


Video ini adalah video berita dari stasiun TV lokal, Balikpapan TV (BTV). Isi video berita di atas tentu sama dengan isi berita yang tertulis di media cetak partnernya (Kaltim Post).

Penjelasan (Narasi) Tampilan "Plus-Plus"
Dengan menggunakan aplikasi LayAR, foto yang ada di laman media cetak tersebut akan berubah menjadi sebuah video.

Nampak pada foto, seorang notulis berjaket kulit hitam sedang serius mengetik menggunakan "kira-kira" 11 jarinya.

Gambar pada foto kurang jelas, sebab banyaknya hal yang berusahan ditampilkan oleh fotografer untuk menggambarkan suasana rapat, padahal space untuk foto pada halaman tersebut hanya membuatnya bisa tampil sebiji saja.

Tetapi, setelah Anda menggunakan LayAR. Sebuah video akan mncul. Video akan menjelaskan "lebih" terkait pertemuan tersebut.

Anda akan menyaksikan notulis dari foto ini melakukan aksinya. Bukan hanya sekadar foto biasa yang "mematung".

Setidaknya, dari video Anda bisa melihat langsung bahwa notulis ini memang serius melakukan aktivitas notulanya.

Oh..ya, notulis hanya muncul total sekitar 9 detik saja dari video berdurasi 2 menit 6 detik.


Bagaimana, apakah Anda sudah bisa merasakan tampilan "plus-plus" yang saya maksud?

Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Menggunakan Aplikasi LayAR
Manfaat Aplikasi LayAR
LayAR, Aplikasi Gratis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar